Uncategorized

Berinvestasi Emas (tips investasi)

Emas, logam mulia ini menjadi primadona beberapa tahun terakhir. Emas menjadi pilihan masyarakat untuk berinvestasi. Celakanya, banyak yang membeli emas karena promosi dari pihak-pihak yang menjual emas bukan karena sang pembeli mengerti bahwa emas itu baik untuk investasi. Banyak juga pihak yang kecewa setelah membeli emas, karena emas yang mereka beli nilainya menurun. Untuk itu saya mencoba memberi penjelasan mengenai emas sebagai alternatif investasi anda. Silahkan simak tulisan ini, komentar anda sangat diperlukan sebagai pelengkap artikel ini dan juga sebagai media bertukar pikiran.

Mari kita perhatikan grafik dibawah. Grafik ini saya ambil dari http://www.goldprice.org yang menampilkan harga emas kurang lebih 15 tahun terakhir.grafik emasDari grafik tersebut dapat dilihat pada lingkaran warna hijau bahwa pada awal 2000-an harga emas adalah sekitar 50rb/gr dan menyentuh pada harga tertinggi di akhir tahun 2012 dengan harga sekitar 550rb/gr. Ini menandakan dalam kurun waktu sekitar 15 tahun nilai emas naik 1100 persen. Kemudian kita beralih ke lingkaran biru pada awal tahun 2009 emas sempat menyentuh harga 400rb/gr dan kemudian turun ke harga 300rb/gr tetapi kemudian naik kembali di tahun 2012 ke angka 550rb/gr. Dan sebagia penutup grafik yaitu lingkaran hitam yang menandakan keadaan emas yang jatuh di pertengahan tahun 2013 ke harga 400rb/gr dan saat ini berada pada angka 500rb/gr.

Hal yang pasti dapat dilihat pada grafik tersebut adalah harga emas selalu naik dari tahun ke tahun. Kemudian bila anda ingat pada tahun 2008 terjadi krisis ekonomi dunia hal ini berbanding terbalik dengan harga emas yang meningkat. Hal yang sama terjadi pada 2011 dimana terjadi krisis ekonomi dan mengatrol harga emas ke angka yang lebih tinggi. Sedangkan ketika ekonomi mulai stabil maka harga emas akan turun ke harga tertentu, tetapi akan kembali naik sesuai dengan sifat emas yang selalu naik dari tahun ke tahun. Hal tersebutlah yang sedang terjadi saat ini yang saya tandai dengan lingkaran hitam.

Yang membuat kebanyakan orang kecewa adalah mereka tertarik pada emas saat harga emas sedang tinggi, karena memang saat inilah kebanyakan program promosi emas semakin menjamur seperti di tahun 2011. Kemudian di tahun 2013 program promosi emas semakin berkurang karena memang nilai emas sedang menurun.

Sebagai kesimpulan saya akan memberikan tips investasi emas sebagai berikut :

  1. Belilah diharga termurah atau harga mulai naik, dari grafik diatas anda dapat mempelajari kapan harga bergerak naik, salah satunya ketika ekonomi mulai stabil setelah krisis;
  2. Investasi emas adalah investasi jangka panjang (menurut saya lebih dari 4 tahun), bayangkan bila anda telah mempunyai emas dari tahun 2000 maka emas anda telah tumbuh 1100 persen saat ini, jadi gunakan dana tidak terpakai untuk beberapa tahun;
  3. Ketika anda terlanjur membeli emas pada harga tertinggi, dan harga kemudian turun janganlah kecewa. Tetaplah menahan emas anda karena sesuai dengan sifat emas maka harga emas akan naik hanya saja waktunya yang lama;
  4. Belilah emas karena memang anda mengerti bukan karena promosi produk.

Demikian tulisan saya, untuk selanjutnya silahkan berikan komentar agar dapat berdiskusi. Terimakasih

About molen

Maulana riska.. bungsu dari tiga bersaudara. berusaha selalu berpikir positif dan menuliskan tentang kehidupan menurut pandangannya. Seorang PNS yang ingin selalu maju dengan Go.. Blog..!!!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s