Uncategorized

Tips Memilih Gitar

Gitar, alat musik yang satu ini telah saya geluti sejak masih imut-imut. Alat musik ini dapat menambah kagantengan dan pesona anda ketika memainkannya (tergantung cara bermain). Maka tidak heran apabila ada capres yang membawa gitar di Indonesia, karena dapat menambah pesona dan tentu saja menambah jumlah pemilih.

Sejak menikah saya tidak pernah bermain gitar lagi, gitar terakhir saya berikan kepada seorang teman. Hingga beberapa bulan lalu saya memiliki keinginan untuk bermain/memiliki gitar. Hal ini saya utarakan kepada istri. Bak gayung bersambut, istri saya malah hendak membelikan gitar. Sebelumnya saya katakan beli yang murah saja antara 400 – 700 ribu.

Hingga ada kesempatan kami sekeluarga ke Makassar maka kami mengagendakan waktu untuk membeli gitar. Maklum di Mamuju belum ada toko musik yang mumpuni. Nah, berdasarkan pengalaman, saya ingin berbagi tips dalam memilih gitar. Semoga bermanfaat.

  1. Budget, tentukan anggaran yang disediakan. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas gitar berbanding lurus dengan harganya.
  2. Body, body gitar haruslah mulus. Perhatikan sambungan antara body dan penutup body. Yakinkan tidak mudah terlepas. Semakin besar body maka semakin besar suarayang dihasilkan. Hal ini dikarenakan suarayang masuk melalui lubang resonansi menemukan ruangyang luas untuk bergema.
  3. Neck, neck atau pegangan gitar terdiri atas kepala, badan, pangkal. Perhatikan bahan yang digunakan dan sambungan antar bagian (perlu perhatian khusus). Kemudian pastikan neck tidak bengkok karena neck yang bengkok mempengaruhi tinggi rendah nada yang dihasilkan. Terkadang menghilangkan satu tangga nada.
  4. Fret, bagian depan dari Neck, tempat kita menekan senar. Perhatikan besi yang digunakan belum berkarat. Perhatikan ketinggian antara senar dan fret adalah sama disetiap sisi. Biasanya gitar yang buruk tinggi senar gitar amat dekat dibagian rendah (area kepala neck) dan amat tinggi dibagian nada tinggi (area pangkal dan dekat lubang resonansi). Untuk mengetahuinya uji coba setiap nada pada fret.
  5. Harga, Biasanya makin tinggi harga maka makin bagus kualitas gitar, tapi bila kita pintar dan sedikit beruntung maka kita dapat mendapatkan kualitas bagus dengan harga terjangkau.
  6. Ajak teman, bila anda pemula sebaiknya mengajak teman yang telah mengerti gitar dan beritahukan kepada teman anda tips ini sehingga dia dapat membantu anda dalam memilih gitar.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. Ngomong-ngomong gitar pilihan saya jatuh pada gitar dibawah ini.

molenpublog.wordpress.com

About molen

Maulana riska.. bungsu dari tiga bersaudara. berusaha selalu berpikir positif dan menuliskan tentang kehidupan menurut pandangannya. Seorang PNS yang ingin selalu maju dengan Go.. Blog..!!!

Discussion

2 thoughts on “Tips Memilih Gitar

  1. ternyata milih gitar aja ada tipsnya ya, apalagi milih pacar, #eh

    Posted by damae | March 10, 2014, 6:33 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s